Apa Penyebutan Anjing Dalam Bahasa Madura

Apa Penyebutan Anjing Dalam Bahasa Madura

Penyebutan anjing dalam bahasa Madura yaitu patek. Ya benar sekali bahasa Madura ini merupakan bahasa yang digunakan oleh mereka orang-orang dari suku Madura. Pusat dari bahasa Madura sendiri yaitu berada di Pulau Madura letaknya yaitu berada di ujung timur dari Pulau Jawa. Orang seringkali juga menyebut bahwa kawasan tersebut merupakan daerah kawasan Tapal Kuda. Kawasan tapal kuda ini yaitu mulai dari Pasuruan Surabaya Malang dan sampai di Banyuwangi. Kemudian dilanjutkan di Kepulauan Masalembu sampai dengan pulau Kalimantan. Bahasa Madura sendiri memiliki penutur yang jumlahnya yaitu sekitar 14 juta orang yang tersebar di kawasan tapal kuda tersebut. Sistem penulisan yang digunakan untuk menulis bahasa Madura ini yaitu bisa melalui aksara Ra carakan atau bisa juga dengan aksara Ra latin dan aksara Pegon atau yang disebut sebagai aksara Arab.

Bahasa Madura ini memang memiliki beberapa kesamaan dengan bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan bahasa Madura sendiri merupakan anak cabang dari bahasa Austronesia yang merupakan ranting dari Melayu-Polinesia.

Ada beberapa bahasa yang mempengaruhi bahasa melayu seperti.

1. Bahasa Jawa

Terutama dari bahasa jawa Suroboyoan. Pengaruh dalam bagian unggah-ungguhnya atau tingkatan. Hal ini karena dahulu berkaitan dengan adanya kerajaan Mataram Islam atas Pulau Madura.

2. Bahasa Melayu

Kebanyakan bahasa madura ini merasal dari bahasa Melayu. Bahkan ada beberapa kata dari bahasa Madura yang hampir mirip dengan Bahasa Minangkabau. Bedanya banya pada pelafalan dialeknya.

3. Bahasa Arab

4. Bahasa Tionghoa

5. Dan bahasa yang lainnya

Bahasa Madura ini memang terbilang bahasa yang sulit untuk dipelajari. Pasalnya dialek atau pengucapan lafal nya ini terbilang unik unik dan susah untuk ditiru. Sehingga banyak orang yang mencoba untuk belajar bahasa Madura ini namun mengalami kesulitan karena pelafalan bahasa yang unik dan susah ditiru.

Berbicara mengenai pelafalan anjing pada bahasa Madura yaitu patek, anjing memang dikenal sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan bagi sebagian orang. Sehingga tidak jarang orang memelihara anjing. Salah satu jenis anjing yang banyak dipelihara karena menggemaskan dan ramah, serta mudah bersosialisasi dengan manusia yaitu anjing Mini Goldendoodle. Anjing ini terbilang anjing yang yang ramah terhadap anak-anak dengan warna bulunya yang berbeda-beda tergantung induknya.