Hajar Yunani 2-0, Italia Berhak Lolos ke Piala Eropa 2020

Hajar Yunani 2-0, Italia Berhak Lolos ke Piala Eropa 2020

Hajar Yunani 2-0, Italia Berhak Lolos ke Piala Eropa 2020
Aksi Timnas Italia yang Siap untuk Berlaga di Piala Eropa 2020

Kabar baik datang dari tim nasional (timnas) Italia yang sukses menyabet poin penuh usai menghajar Yunani. Gli Azzurri berhasil menang 2 – 0 dan sontak berhak mendapat tiket masuk ke turnamen Piala Eropa 2020.

Pada laga Grup J fase kualifikasi Piala Eropa 2020 itu Italia dihadapkan dengan Yunani. Adapun duel tersebut berlangsung di Stadio Olimpico pada hari Minggu (13 / 10 / 2019) WIB dini hari silam.

Agresifitas tim tuan rumah secara instan langsung membendung aksi tim tamu di ronde 1. Walau dominasi sangat terlihat jelas sedari awal babak ini, Italia masih belum bisa menceplos 1 angka pun ke gawang Yunani. Penyebabnya adalah barisan bertahan Yunani yang terbilang rapat. Alhasil agresi Italia pun selalu tumpul di ujung. Kendati di dominasi, Yunani malah sempat mendapat kans bikin gol pada menit yang ke 12. Sayang peluang tersebut gagal dimanfaatkan. Pada menit itu Dimitrios Limnios melakukan shot jarak dekat dari sisi kanan. Namun kesigapan Gianluigi Donnarumma masih bisa menepis si kulit bundar.

Hingga akhir babak 1, sama sekali tidak ada gol tercipta dari kedua tim. Babak 1 lantas ditutup dengan skor kacama 0 – 0.

Pada babak kedua, serangan Italia semakin menggila. Ciro Immobile hampir saja membuat geger para penonton di Stadio Olimpico dengan sundulan tajamnya pada menit yang ke 55, walaupun bola masih tertepis oleh kiper Yunani, Alexandros Paschalakis.

Selanjutnya peluang emas pun datang untuk tim tamu. Efthimis Koulouris mengebom dengan ahot on target pada menit ke 60, usai menerima umpan silang datar dari Zeca yang berada di sisi kanan. Sayang tembakannya dari area penalti tersebut melenceng sedikit dari mistar gawang. Gol pun gagal terjadi.

Stagnasi pun pecah, saat Italia dihadiahi kado pinalti pada menit ke 63. Tendangan 12 pas yang diberikan Gli Azzuri diberikan wasit, usai salah satu penggawa Yunani, Andreas Bouchalakis, tak sengaja menyentuh bola dengan tangan di area kotak putih. Adapun Jorginho maju sebagai algojo dan berhasil membongkar penjagaan dari kiper Yunani. Italia pun memimpin 1 – 0.

Skor pun bertambah 1 lagi untuk squad binaan Roberto Mancini pada menit ke 77. Saat itu pemain serep Federico Bernardeschi melepaskan bom dari luar kotak penalti dan langsung membolongi gawang Yunani. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Italia yang semakin jauh.

Hingga pluit tanda berakhirnya laga, tidak lagi terjadi gol. Laga kualifikasi Piala Eropa 2020 di grup J itu pun ditutup dengan skor 2 – 0 untuk timnas Italia.

Sesuai dengan yang diteliti oleh ESPN, Italia memang sangat mendominasi laga dengan prosentase dominasi bola yang mencapai 71%. Tercatat pula ada sebnayak 20 shot on target yang dilepaskan. Sedangkan Yunani cuma melakukan 8 effort dengan 1 shot saja yang on target.

Dengan kemenangan ini, posisi Italia kokoh sebagai pemimpin grup J dengan raihan 21 poin. Dengan begitu, mereka pun sudah pasti lolos ke final Piala Eropa 2020 nanti.

Sejauh ini timnas Finlandia mengekor Italia di posisi 2 dengan koleksi 12 poin. Lalu Yunani bercokol di posisi 5 dengan mengantongi 5 poin. Terakhir paping bontot diikuti oleh Armenia dan juga Bosnia Herzegovina, dengan koleksi 10 poin untuk masing-masing.